Page 4 - Flipbook Panduan Umum PPID 2021
P. 4

B. Landasan Hukum


                         Dasar hukum dari keberadaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID),
                  termasuk  didalamnya  mengenai  pengelolaan  dan  pelayanan  informasi  public  dan  daftar
                  informasi yang dikecualikan, adalah:

                   1.  Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (Lembaran
                       Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 61, Tambahan Lembaran Negara Nomor
                       4846);

                   2.  Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara RI
                       Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5038);

                   3.  Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan (Lembaran Negara Republik
                       Indonesia Tahun 2009 Nomor 152, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5071);

                   4.  Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor
                       14  Tahun  2008  tentang  Keterbukaan  Informasi  Publik  (Lembaran  Negara  Republik
                       Indonesia Tahun 2010 Nomor 99, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor
                       5149);
                   5.  Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor
                       25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun
                       2012 Nomor 215, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5357);


                   6.  Peraturan  Menteri  Dalam  Negeri  Nomor  3  Tahun  2017  tentang  Pedoman  Pengelolaan
                       Pelayanan  Informasi  dan  Dokumentasi  Kementerian  Dalam  Negeri  dan  Pemerintahan
                       Daerah;

                   7.  Peraturan  Daerah  Provinsi  Sumatera  Barat  Nomor  20  Tahun  2018  tentang  Pengelolaan
                       Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (Lembaran Daerah Provinsi Sumatera Barat tahun
                       2018 Nomor 20, Tambahan Lembaran Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 163);

                   8.  Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Pengelolaan
                       Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat;

                   9.  Peraturan  Komisi  Informasi  Nomor  1  Tahun  2010  Tentang  Standar  Layanan  Informasi
                       Publik;

                   10. Surat  Keputusan  Komisi  Informasi  (KI)  Tahun  2013  tentang  Prosedur  Penyelesaian
                       Sengketa Informasi Publik.




















                                                                                                             2
   1   2   3   4   5   6   7   8   9