• Hubungi Kami

    -
  • Email

    ppidsumbar@sumbarprov.go.id

Informasi Tersedia Setiap Saat

Indek Kepuasan Masyarakat terhadap layanan perizinan di DPMPTSP

   LAPORAN SURVEI IKM

4.1. Nilai Indek IKM Per Unsur Pelayanan

Berdasarkan pengukuran terhadap kualitas unsur pelayanan pada DPM & PTSP Provinsi Sumatera Barat diperoleh hasil skor Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk: 81,71. Dengan angka Indeks sebesar : 81,71 maka kinerja unit pelayanan ini berada dalam mutu pelayanan B dengan kategori BAIK, karena berada dalam nilai interval konversi Indeks Kepuasan Masyarakat 76,61 – 88,30.

Hasil      analisis pengolahan data survey kepuasan masyarakat dapat dilihat pada Tabel 7, 8 dan Gambar 5,6.

 

  • Nilai unsur pelayanan menurut respon masyarakat

No.

Unsur Pelayanan Yang Diobservasi

Nilai Rerata

Per Unsur

Nilai Rerata

Tertimbang

1.

Persyaratan

3,200

0,355

2.

Prosedur

3,216

0,357

3.

Waktu pelayanan

2,936

0,326

4.

Biaya/tarif

3,530

0,392

5.

Produk layanan

3,136

0,348

6.

Kompetensi pelaksana

3,200

0,355

7.

Perilaku pelaksana

3,316

0,368

8.

Pungutan Tidak Resmi

3,916

0,435

9.

Penanganan Pengaduan

  3,323

0,369

 

  Nomor 1 – 9 pada kolom (1) adalah nomor urut unsur pelayanan seperti deskripsi pada kolom (2) yang dicermati dari persepsi responden.  Nilai rerata per unsur layanan sebagai respon dari responden yang dikuantitatifkan  dalam skala nilai 1 s.d. 4 sebagaimana disajikan pada kolom (3). Angka ini merupakan angka baku dalam pengukuran kuantitatif kepuasan layanan. Sedangkan nilai rerata tertimbang  dapat dilihat pada kolom (4).

  • Nilai unsur pelayanan, mutu pelayanan dan kinerja unit pelayanan

No

Unsur pelayanan

Nilai

Mutu

Kinerja

Simbol

U1

Persyaratan

3,200

B

Baik

 

U2

Prosedur

3,216

B

Baik

 

U3

Waktu pelayanan

2,936

C

Kurang Baik

 

U4

Biaya/tarif

3,530

B

Baik

 

U5

Produk layanan

3,136

B

Baik

 

U6

Kompetensi pelaksana

3,200

B

Baik

 

U7

Perilaku pelaksana

3,316

B

Baik

 

U8

Pungutan Tidak Resmi

3,916

A

Sangat Baik

 

U9

Penanganan Pengaduan

3,200

B

Baik

 

 

 Nilai IKM

    83,001

B

Baik

 

DPM dan PTSP

Informasi Tersedia Setiap Saat

   LAPORAN SURVEI IKM

4.1. Nilai Indek IKM Per Unsur Pelayanan

Berdasarkan pengukuran terhadap kualitas unsur pelayanan pada DPM & PTSP Provinsi Sumatera Barat diperoleh hasil skor Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk: 81,71. Dengan angka Indeks sebesar : 81,71 maka kinerja unit pelayanan ini berada dalam mutu pelayanan B dengan kategori BAIK, karena berada dalam nilai interval konversi Indeks Kepuasan Masyarakat 76,61 – 88,30.

Hasil      analisis pengolahan data survey kepuasan masyarakat dapat dilihat pada Tabel 7, 8 dan Gambar 5,6.

 

  • Nilai unsur pelayanan menurut respon masyarakat

No.

Unsur Pelayanan Yang Diobservasi

Nilai Rerata

Per Unsur

Nilai Rerata

Tertimbang

1.

Persyaratan

3,200

0,355

2.

Prosedur

3,216

0,357

3.

Waktu pelayanan

2,936

0,326

4.

Biaya/tarif

3,530

0,392

5.

Produk layanan

3,136

0,348

6.

Kompetensi pelaksana

3,200

0,355

7.

Perilaku pelaksana

3,316

0,368

8.

Pungutan Tidak Resmi

3,916

0,435

9.

Penanganan Pengaduan

  3,323

0,369

 

  Nomor 1 – 9 pada kolom (1) adalah nomor urut unsur pelayanan seperti deskripsi pada kolom (2) yang dicermati dari persepsi responden.  Nilai rerata per unsur layanan sebagai respon dari responden yang dikuantitatifkan  dalam skala nilai 1 s.d. 4 sebagaimana disajikan pada kolom (3). Angka ini merupakan angka baku dalam pengukuran kuantitatif kepuasan layanan. Sedangkan nilai rerata tertimbang  dapat dilihat pada kolom (4).

  • Nilai unsur pelayanan, mutu pelayanan dan kinerja unit pelayanan

No

Unsur pelayanan

Nilai

Mutu

Kinerja

Simbol

U1

Persyaratan

3,200

B

Baik

 

U2

Prosedur

3,216

B

Baik

 

U3

Waktu pelayanan

2,936

C

Kurang Baik

 

U4

Biaya/tarif

3,530

B

Baik

 

U5

Produk layanan

3,136

B

Baik

 

U6

Kompetensi pelaksana

3,200

B

Baik

 

U7

Perilaku pelaksana

3,316

B

Baik

 

U8

Pungutan Tidak Resmi

3,916

A

Sangat Baik

 

U9

Penanganan Pengaduan

3,200

B

Baik

 

 

 Nilai IKM

    83,001

B

Baik

 

Post Date : 2021-10-15 16:16:06

Tahun : 2021

Hits : 480 kali dikunjungi