PERKEMBANGAN PARIWISATA DAN TRANSPORTASI SUMATERA BARAT

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar telah merilis Berita Resmi Statistik (BRS) Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Sumatera Barat.

BRS Pariwisata dan Transportasi Sumatera Barat September 2017 merupakan kumpulan data dan informasi dari berbagai aktivitas di sektor pariwisata dan transportasi yang mencakup: jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sumatera Barat, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Berbintang dan Akomodasi Lainnya, Rata-Rata Lama Menginap Tamu (RLMT) Asing dan Indonesia Hotel Berbintang dan Akomodasi Lainnya, Perkembangan Angkutan Udara, dan Perkembangan Angkutan Laut. Jumlah wisatawan mancanegara merupakan data wisatawan yang masuk melalui pintu imigrasi di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan Pelabuhan Teluk Bayur. TPK adalah perbandingan antara banyaknya malam kamar yang terpakai dengan banyaknya malam kamar yang tersedia (dalam persen), yang menunjukkan apakah suatu akomodasi diminati oleh pengunjung atau tidak. Rata-Rata Lama Menginap Tamu Asing dan Indonesia digunakan untuk mengetahui berapa lama seorang tamu menginap di suatu akomodasi pada suatu waktu tertentu. Data angkutan udara yang disajikan meliputi jumlah penumpang yang berangkat baik penerbangan domestik maupun penerbangan internasional. Sedangkan data angkutan laut yang disajikan meliputi data muat barang yang dilaksanakan di Pelabuhan Teluk Bayur Padang, Pelabuhan Muaro Padang, dan Pelabuhan Air Bangis Pasaman Barat

Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumatera Barat melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan Pelabuhan Teluk Bayur bulan September 2017 mencapai 4.347 orang, mengalami penurunan 16,55 persen dibanding wisman Agustus 2017 yang tercatat sebanyak 5.209 orang.

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Sumatera Barat bulan September 2017 mencapai rata-rata 59,27 persen, mengalami peningkatan 4,41 poin dibanding TPK bulan Agustus 2017 sebesar 54,86 persen.

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Akomodasi Lainnya di Sumatera Barat bulan September 2017 mencapai rata-rata 34,25 persen, mengalami peningkatan 0,57 poin dibanding bulan Agustus 2017 sebesar 33,68 persen.

Rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia pada hotel berbintang bulan September 2017 tercatat selama 1,56 hari, meningkat 0,03 hari bila dibandingkan dengan Agustus 2017 yang tercatat 1,53 hari.

Rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia pada Akomodasi Lainnya bulan September 2017 tercatat selama 1,25 hari; turun 0,11 hari bila dibandingkan dengan Agustus 2017 yang tercatat 1,36 hari.

Jumlah penumpang angkutan udara domestik di Bandara Internasional Minangkabau pada bulan September 2017 meningkat sebesar 7,51 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara itu jumlah penumpang angkutan udara internasional mengalami penurunan sebesar 36,42 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Jumlah barang yang diangkut oleh angkutan laut dalam negeri pada bulan September 2017 mengalami penurunan sebesar 6,76 persen dibandingkan bulan sebelumnya.