MARI TURUNKAN TINGKAT KECELAKAAN DI SUMATERA BARAT

loading Photo: ppid.sumbarprov.go.id

Inilah himbauan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dalam sambutan pembukaan Kampanye Pencanangan Gerakan Mengemudi Sehat Tahun 2016 di Terminal Sago Painan Kabupaten Pesisir Selatan Rabu 6 April 2016. dimana di tahun 2015 Sumatera Barat merupakan urutan ke 5  dari 33 provinsi tingkat  kecelakaan jalan rayanya se Indonesia. Hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Dr. Nini Savitri. MKes dan Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi Sumatera Barat Amran. SE. MM  serta Forkompimda Sumatera Barat.

Lebih lanjut mantan Bupati Pesisir Selatan ini mengatakan bahwa “ sesuai data  Global Status Report on Road Safety 2013 menunjukan  sekitar 1,24 juta orang meninggal setiap tahunnya karena kecelakaan di jalan raya, dan ini merupakan penyebab kematian urutan ke delapan di dunia, Pada tahun 2030 bila tidak dilakukan program yang baik maka kematian akibat kecelakaan di jalan raya akan naik menjadi nomor lima di dunia.  Hasil Riskedas 2013 dan sesuai data yang dihimpun Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi Sumatera Barat pada tahun 2015 tercatat 2157 kecelakaan lalulintas, hal ini menurun jika dibandingkan dengan kejadian tahun 2014 dengan 2625 kasus kecelakaan. Kota Padang merupakan angka tertinggi dengan 540 kejadian, disusul Kabupaten Padang Pariaman 315 kejadian dan Kota Pariaman 279 kejadian. Untuk itu Bapak Wakil gubernur menghimbau mari kita berhati-hati berlalulintas dijalan raya, periksalah kondisi kendaraan sebelum berangkat, baik kondisi fisik kendaraan maupun surat menyuratnya, disamping itu gunakanlah Helm yang memenuhi  standar. Bapak Wakil Gubernur juga meinta kepada Polisi lalulintas dan Dinas Perhubungan serta seluruh stake holder agar ikut bersama-sama menjaga dan mengawasi kondisi jalan dan berlalu lintas di jalan raya. Melalui gerakan mengemudi sehat diharapkanpula kepada semua pihak dapat mengambil peran sesuai dengan potensi masing-masing karena kegiatan dan upaya itu dapat terus dilanjutkan ke tingkat Kabupaten dan Kota serta berkesinambungan pada tahun yang akan datang demikian Pak Nasrul  Abit menutup pidatonya.

Pencanangan Kampanye Gerakan Mengemudi Sehat tahun 2016 ini dilanjutkan dengan Forum LLAJ se Sumatera Barat denganmengambil tema “ Melalui Forum LLAJ dan  Pencanangan Gerakan Mengemudi Sehat Kita Tingkatkan Kesadaran Tertib Berlalulintas Pengemudi Demi Terwujudnya Kamseltibcar Lalu Lintas Provinsi Sumatera Barat”.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi Sumatera Barat serta Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruangan dan Pemukiman Sumatera Barat. Turut hadir pada acara Forum ini adalah Direktur lalulintas POLDA Sumatera Barat Kombes Edy Junaidi. SIK. dan Dinas Perhubungan Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat, semoga seluruh program dan hasil kesepakatan Forum LLAJ ini dapat terlaksana dengan baik. (by. Akral/Rudi)