BAK GAYUNG BERSAMBUT……!!!

loading Photo: ppid.sumbarprov.go.id

BAK GAYUNG BERSAMBUT……!!!

Oleh: Drs. Akral. MM Kabag Telematika Biro Humas Setda Prov. Sumbar

Itulah yang lahir dari pikiran penulis,  mengapa begitu…!?? Karena baru hari Selasa 29 Maret 2016 Harian Padang Ekspres pada teras utamanya  memuat tulisan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dengan judul “MENATAP PARIWISATA SUMBAR“. Penulis juga menulis di Website resmi Pemerintah Sumatera Barat di www.sumbarprov.go.id dengan judul  “Keanekaragaman  “Wisata Sumbar”  Penulis melahirkan tulisan dengan alasan bahwa pengembangan Pariwisata merupakan salah satu Visi dan Misi pasangan Gubernur  Sumatera Barat Irwan Prayitno- Nasrul Abit periode 2016-2021 yang akan dituangkan pula pada RPJMD  2016-2021 yang pembahasannya sedang berlangsung saat ini.

Pada tulisan tersebut  penulis hanya, mepaparkan beberapa objek wisata dan jenis wisata yang ada di Provinsi Sumatera Barat, memang luar biasa banyaknya, dan yang dipaparkan ini masih belum semuanya, pasti masih banyak pula yang belum ditulis, biasalah…,..!!!, penulis hanya mengamati saja dan penulis juga bukan pemerhati bidang pariwisata. Singkat cerita…..Harian Singgalang 31 Maret 2016 pada halaman  D-31 ada berita dari Kabupaten Lima Puluh Kota dengan judul “ INSTRUKSIKAN WABUP-SEKDA KAWAL MUSRENBANG, BUPATI PERINTAHKAN BAPPEDA SIAPKAN GRAND DESIGN HARAU”.

Wah…!! Luar biasa Bupati Lima Puluh Kota Bapak Irfendi Arbi, entah beliau baru baca berita di Teras Utama Harian Padang Ekspres atau baru baca tulisan penulis di Website www.Sumbarprov.go.id, dimana pada dua buah media yang berlainan ini, yang satu media cetak milik non pemerintah dan yang satu lagi media online milik pemerintah dan sama-sama memberitakan tentang PARIWISATA di Sumatera Barat,    penulis menyinggung sedikit juga masalah Grand Design Pariwisata di Kabupaten dan Kota didikutip dari pernyataan Bapak Wakil Gubernur Nasrul Abit , dan yang jadi tranding topic bahasan Bapak Bupati pada Musrenbang RKPD Lima Puluh Kota  30 Maret 2016 juga tentang  Grand Design Pariwisata (rencana Besar Pariwisata) pula, makanya penulis mengatakan Bak Gayung bersambut.

Penulis memuji dan salut kepada Bupati Kabupaten Lima Puluh karena cepat tanggap dalam menindaklanjuti visi dan misi Gubernur Sumatera Barat, atau memang pengembangan pariwisata merupakan salah satu Visi dan Misi Bupati Lima Puluh Kota terpilih periode 2016-2021 Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan ini, entahlah…..!!??, kita kesamping dulu itu….!! memang dalam pengembangan Pariwisata masalah Grand Design ini penting sekali, agar dapat diusulkan  bantuan pembinaan dari Pemerintah yang lebih tinggi, apakah pemerintah Provinsi atupun dari Pemerintah Pusat, Pembinaan bisa berbentuk pelatihan dan manajemen,  bisa pula dalam bentuk  dana ( freesh money).

Irfendi Arbi juga punya cita-cita yang besar terhadap pengembangan pariwisata ini,  khusunya Lembah Harau yang memang sangat terkenal ke seluruh dunia, mungkin mantan ketua KNPI Kota Padang ini melihat, selama ini pengelolaan Pariwisata  dan khususnya Lembah Harau masih belum baik, makanya beliau membuat rancangan rencana besar (Grand Design) Pariwisata untuk pengembangan Lembah Harau kedepan. Bahkan mantan anggota DPRD Padang ini tidak tanggung-tanggung memerintahkan kepada ketua BAPPEDA nya, dan jangan ada ego sektoral yang selama ini menjadi penghambat perencanaan pembangunan.

Penulis paham betul dengan karakter  Dapen biasanya beliau kami panggil, beliau orangnya energic, cepat tanggap dan bekerja cepat, setiap ada peluang langsung tancap gas …biasanya beliau begitiu, karena dulu kami sama-sama di Padang, dalam kepengurusan beberapa buah organisasi kepemudaan.

Penulis berharap kepada  Dapen, semoga visi dan misinya dapat terlaksana dengan sukses dan selalu terkoordinasi, terintegrasi dan tersingkronisasi serta tersimplikasikan (KISS) dengan visi dan Misi Gubernur Sumatera Barat, karena pembangunan itu selalu terintegrasi dan simultan. Ayooo Dapen….!!! bekerja cepat….!!! ajak semua Stake Holder untuk menciptakan masyarakat Lima puluh Kota yang sejahtera…!. Kalau masyarakat Lima Puluh Kota sejahtera, tentu masyarakat Sumatera Barat  akan sejahtera pula sebab pembangunan di Lima Puluh Kota adalah bagian integral dari pembangunan di Sumatera Barat, membangun Lima Puluh Kota juga membangun Sumatera Barat. Kepada SKPD dan Masyarakat Lima Puluh Kota mari kita keroyok pembangunan di Lima Puluh Kota dan suksekan juga program Pemerintah Sumatera Barat  di Lima Puluh Kota, semoga Visi dan Misi Gubernur Sumatera Barat dan Visi dan Misi Bupati Lima Puluh Kota seayun selangkah dilaksanakan di Luhak 50 Kota, tidak salah penulis mengatakan Bak Gayung Bersambutbravo Dapen bravo IP.. (by.Rudi)